Langsung ke konten utama

Pengertian PBX & Proses Kerja PBX Dalam Server Softwitch

Pengertian Dan Cara Kerja PBX Dalam Server Softswitch

Pengertian PBX
Apa itu PBX  ?  PBX atau kepanjangan Private Branch Exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaraan telepon dengan pusat didalam suatu perusahan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahan lainnya di area yang lebih luas sehingga dapat tercakup oleh publik. PBX menghubungkan jaringan telepon dengan jaringan lokal dengan trunk.

Trunk adalah penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office. Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan lain-lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalu trunk.

Awalnya, keuntungan utama dari sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada panggilan dikarenakan tidak menggunakan pulsa dan menghindari tabrakan jaringan telepon internal dalam suatu tempat. Dari sini PBX mulai dikembangkan dan menjadi populer.

FUNGSI:

  • Penghubung antara jalur jaringan telepon dengan menggunakan nomer yang dituju.
  • menyediakan layanan akuntansi untuk kepentingan.
  • menjadi sambungan selama menggunakan telepon.
  • mematikan sambungan antara koneksi dengan perintah yang sesuai ditelepon 
  • layanan otomatis panggilan.
    Selain fungsi dasar di atas, PBX juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan umum lainnya            yang tentu saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem yang berbeda. Dan kemudian, fungsi-fungsi      inilah yang membedakan PBX dengan sistem lainnya. Kemampuan umum tersebut meliputi :
  • Layanan otomatis panggilan
  • Layanan otomatis direktori (dimana pemanggil dapat dialihkan ke karyawan yang diberikan dengan memasukkan huruf nama karyawan tersebut)
  • Layanan otomatis nada tunggu
  • Metering call atau tampilan waktu panggilan
  • Memblokir panggilan
  • Pengalihan panggilan (dimana panggilan telepon sedang sibuk atau tidak diangkat)
  • Panggilan pick-up
  • Transfer panggilan
  • Panggilan tunggu
  • Modifikasi kata sambutan
  • Panggilan cepat
  • Direct Inward Dialing (dapat melakukan panggilan Telepon ke banyak jaringan dalam satu area, biasa disebut telekonfersi)
  • DISA - direct inward system access adalah kemampuan melakukan panggilan dari internal ke saluran telepon luar
  • Follow-me merupakan rute panggilan yang masuk hingga akhirnya panggilan dijawab atau pada tahap telepon dialihkan ke sistem surat suara. Sistem ini dikonfigurasi dengan daftar nomor seseorang.
  • Respon interaktif suara
  • Layanan musik tunggu
  • surat suara
  • Pesan pembuka atau sambutan (misal, selamat datang di layanan cellular operators).
Cara Kerja PBX Dalam Server Softswitch
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software. Fungsi IP PBX mirip dengan cara kerja proxy server , Sebuah software contohnya softphone mendaftar ke IP PBX dan ketika mengalami panggilan secara otomatis semua sistem itu akan terhubung pada IP PBX memiliki daftar semua ponsel sesuai SIP. Mereka dapat berhubungan dengan rute jaringan internal dan menggunakan gateway VOIP.

Kesimpulan :
Sistem PBX menghubungkan jaringan perusahan dengan jaringan tempat lokal dan  menghubungkan telepon dalam perusahaan dengan jaringan public.

SOAL :
1. Apa yang dimaksud dengan Trunk....
   A. tidak tau apa-apa
   B. penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office
   C. penghubung jalur komunikasi antara penerima dengan pengirim melalu AP
   D. suatu pengirim dan penerima melalu komunikasi
   E. jalur komunikasi pengirim dan penerima

2. Apa kepanjangan dari PBX....
   A. Private Branch Exchange 
   B. Private Brunch  Exchange
   C .Private Branch  Excahange
   D. Pivate  Branch  Exchange
   E. Privat   Breanch Xcahange

3.Apa yang dimaksud dengan PBX....
  A.Penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office
  B.jawaban semua benar
  C.Penghematan biaya pada panggilan dikarenakan tidak menggunakan pulsa dan menghindari                  tabrakan jaringan telepon internal dalam suatu tempat.
  D.jawaban semua salah
  E.Penyedia layanan telepon yang melayani pertukaraan telepon dengan pusat didalam suatu           perusahan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon dari publik ke           telepon  perusahaan atau jaringan telepon dari perusahan lainnya di area yang lebih luas           sehingga dapat   tercakup oleh publik

4. Keuntungan utama dari sistem  PBX ini adalah.....
    A.Penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office
    B.Penghematan biaya pada panggilan dikarenakan tidak menggunakan pulsa dan                           menghindari    tabrakan jaringan telepon internal dalam suatu tempat
    C. Bermain game
    D.  Penyedia layanan telepon yang melayani pertukaraan telepon dengan pusat didalam suatu                    perusahan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon dari publik ke                      telepon  perusahaan atau jaringan telepon dari perusahan lainnya di area yang lebih luas                      sehingga dapat   tercakup oleh publik
    E.jawaban semua benar

5. Apa Kepanjangan dari SIP....
   A. Sesion    Intilation Protocol
   B. Session  Initication Protokol
   C. Session Initiation Protocol
   D. Session  Initialation Protocol
   E. Session   Intia  Protocol

6.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian SIP & instalasi server softswitch berbasis SIP

Session Initiation Protocol (SIP) Pengertian SIP SIP (Session Initiation Protocol) adalah suatu signalling protokol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang meliputi suara, video, atau text. SIP tidak menyediakan layanan secara langsung, tetapi menyediakan fondasi yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, misalnya dengan RTP ( Real Time Tr ansport Protocol ) untuk transfer data secara real - time , dengan SDP ( Session Description Protocol ) untuk mendeskripsikan sesi multimedia, dengan MEGACO ( Media Gateway Control Protocol ) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network). Meskipun demikian, fungsi dan operasi dasar SIP tidak tergantung pada protokol tersebut. SIP juga tidak tergantung pada protokol layer transport yang di

cara kerja komunikasi data dalam jaringan

 Cara kerja Komunikasi Data Dalam Jaringan   Komunikasi Data Komunikasi data adalah transmisi atau  pemindahan  data  dan  informasi yang disajikan oleh isyarat digital diantara  komputer  dan  piranti elektronika  yang  lain  dalam  bentuk  digital  yang dikirimkan melalui media komunikasi data dalam berbagai jenis dan bentuk.    Cara Kerja Komunikasi Data Komunikasi data adalah transmisi  atau  pemindahan  data  dan  informasi yang disajikan oleh isyarat digital diantara  komputer  dan  piranti elektronika  yang  lain  dalam  bentuk  digital  yang dikirimkan melalui media komunikasi data dalam berbagai jenis dan bentuk. Komunikasi data tanpa disadari telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat ditandai dengan tingginya ketergantungan masyarakat terhadap perangkat elektronik untuk komunikasi data, voice dan video. Fungsi antara antara data processing (komputer) dan komunikasi data (perangkat transmisi dan pengalihan) semakin kabur, termasuk perbedaan ant

Diagram VOIP dan Gambar Secara Detail & Proses Kerja dalam Komponen Diagram VOIP & Rangkaian komunikasi VOIP

Diagram VOIP Proses kerja VOIP adalah: Suara analog yang didapat dari microphone diubah menjadi paket data digital Paket tersebut diteruskan melalui Hub/Router/ADSL Modem ke jaringan internet Paket tersebut sampai ke tujuan, kemudian dibuah kembali menjadi suara analog Atau jika menggunakan media telepon maka diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan. Sumber: http://dataserverku.blogspot.com/2015/11/pengertian-dan-cara-kerja-voip-diagram.html Soal 1.Perangkat yang terhubung ke internet di diagram VOIP adalah... A. Cable / DSL Modem B. Wireless Router C. VOIP Phone Adapter D. Traditional Phone E. Computer 2. Perangkat yang menghubungkan komputer dan modem adalah... A. Computer B. Traditional Phone C. VOIP Phone Adapter D. Wireless Router E. Cable / DSL Modem 3. Perangkat yang menghubungkan Traditional Phone dengan Wireless Router adalah... A. Cable / DSL Modem B. Wireless Router C. VOIP Phone Adapter