Langsung ke konten utama

mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang proses komunikasi data dalam jaringan

Gangguan Transmisi Pada Jaringan

Dalam proses pengiriman data dari komputer satu dengan komputer lain atau lebih luas lagi dari jaringan suatu kota ke kota lain, kemungkinan terjadinya gangguan proses tersebut pasti ada. Pada sinyal analog, kualiatas data yang diterima tidak lengkap sehingga menurunkan kualitas sinyal. Sedangkan pada sinyal digital, kemungkinan terjadinya error artinya bitnar ‘1’ akan menjadi binary ‘0’ dan sebaliknya yang mengakibatkan kesalahan data.

ATENUASI (ATTENUATION)
Kekuatan sinyal berkurang atau melemah bila jaraknya terlalu jauh melalui media transmisi, baik dengan menggunakan media transmisi guide seperti kabel, atau media transmisi unguide seperti gelombang(WIFI). Atenuasi biasa terjadi pada sinyal analog, karena atenuasi berubah-ubah sebagai fungsi frekuensi, sinyal yang diterima menjadi menyimpang dan mengurangi tingkat kejelasan.
Cara menanggulangi dari gangguan ini adalah diperlukan sebuah alat penguat sinyal seperti repeater atau ampllifier
 Delay
     Delay adalah waktu tunda yang disebabkan oleh proses transmisi dari satu titik ke titik lain yang menjadi tujuannya. Delay dalam jaringan TCP/IP dapat digolongkan sebagai berikut :
a. Packetization Delay
      Delay yang disebabkan oleh waktu yang diperlukan untuk proses pembentukan paket IP dari infomasi userDelay ini hanya terjadi sekali, yaitu di source informasi.
b. Queuing Delay
    Delay ini disebabkan oleh waktu proses yang diperlukan oleh router didalam menangani antrian transmisi paket di sepanjang jaringan. Umumnya delay ini sangat kecil , kurang lebih 100micro second.
c. Delay Propagasi
    Proses perjalanan informasi selama didalam media transmisi, misalnya SDH, coax atau tembaga, menyebabkan delay yang disebut dengan delay propagasi.
d. Transmission Delay
     Transmission Delay adalah waktu yang diperlukan sebuah paket data untuk melintasi suatu media. Transmission delay ditentukan oleh kecepatan media dan besar paket data.
e. Processing delay
     Processing delay adalah waktu yang diperlukan oleh suatu perangkat jaringan untuk melihat rute, mengubah header, dan tugas switching lainnya.

Noise
 Jenis-Jenis Noise dalam Sistem Komunikasi Dalam dunia komunikasi baik komunikasi yang menggunakan kabel atau yang menggunakan udara sebagai media transmisi pasti akan mengalami gangguan- gangguan dalam proses komunikasi. Gangguan ini biasanya disebut dengan noise atau derau. Noise merupakan sinyal listrik yang tidak diinginkan. Tambahan sinyal yang tidak diinginkan ini dalam suatu proses komunikasi ini merupakan faktor pembatas utama dalam sistem komunikasi data. Bila noise terjadi dalam suatu sistem komunikasi maka sistem komunikasi akan mengalami gangguan. Gangguan yang terjadi dapat menyebabkan proses komunikasi terganggu atau bahkan dapat memutuskan proses komunikasi.
jenis-jenis noise :
White Noise:terjadi oleh alam atau lingkungan
Black Noise:terjadi oleh kesengajaan manusia
Noise dalam sistem komunikasi dapat dikelompokkan menjadi empat jenis yaitu:
a. Thermal Noise atau White Noise  
b. Intermodulation Noise 
c. Crosstalk 
d. Impulse Noise
1. Thermal Noise


     Thermal noise ini terdapat di semua media transmisi dan pada semua peralatan komunikasi. Disebabkan oleh panas elektron dalam konduktor (agitasi termal elektron), sehingga tidak dapat dihapus / dilenyapkan. Thermal noise memiliki distribusi energi yang uniform pada spektrum frekuensi dan memiliki distribusi level yang normal (Gaussian).
     Thermal noise merupakan faktor penentu batas bawah sensitivitas sistem penerima. Thermal noise tidak terlalu berpengaruh untuk transmiasi voice, tetapi akan sangat berpengaruh pada komunikasi data. Dalam komunikasi data impuls noise dapat membuat cacat sinyal yang diterima,sehingga data atau informasi yang dibawa dapat berubah artinya.

2. Intermodulasi noise


     Apabila sinyal-sinyal dengan frequency berbeda bersamaan memakai medium transmisi yang sama, sehingga menghasilkan sinyal-sinyal pada suatu frekuensi yang merupakan penjumlahan atau pengalian dari dua frekuensi asalnya. Sebagai contoh sinyal dengan frekuensi f1 dan f2 maka akan mengganggu sinyal dengan frekuensi f1 dan f2, hal ini timbul karena ketidak linearan dari transmitter, receiver atau sistim transmisi.


     Intermodulation noise biasanya muncul akibat gejala intermodulasi.Bila kita melewatkan dua sinyal masing-masing dengan frekuensi misalkan f1 danf2 melalui suatu medium atau perangkat non-linier, maka akan dihasilkan frekuensi-frekuensispuri ous yang berasal dari frekuensi harmonisa sinyal.Frekuensi-frekuensispuri ous ini bisa terletak di dalam atau di luar pita frekuensi kerja yang diinginkan.


3. Crosstalk


     Ditimbulkan oleh kopel elektrik antara kabel yang diletakkan berdekatan, misalnya antara twisted pair / kabel coaxial yang membawa multiple sinyal,yang penghubung antar sinyal yang tidak diinginkan. Bicara Silang (Cross Talk) akan semakin jelas atau bertambah apabila jarak yang ditempuh semakin jauh, sinyal yang ditransmisikan semakin kuat/besar atau semakin besar frekuensinya.

4. Impuls noise


     Terdiri dari pulsa-pulsa tak beraturan atau spike-spike noise dengan durasi pendek dan dengan amplitudo yang relatif tinggi, dihasilkan oleh kilat, dan kesalahan dan cacat dalam sistim komunikasi atau merupakan gangguan kecil untuk data analog karena gangguan elektromagnetik dan menjadi sumber utama dalam komunikasi data digital,sehingga impulse noise sangat mengganggu transmisi data.
Untuk suatu pembicaraan, impulse noise ini tidak berpengaruh apa- apa, oleh karena itu jika membicarakan komunikasi suara, hal ini tidak begitu diperhatikan. Akan tetapi impulse noise ini akan dapat membuat cacat sinyal yang diterima sehingga informasi yang dibawa dapat berubah artinya.

Soal

1. Dalam proses pengiriman data dari komputer satu dengan komputer lain atau lebih luas lagi dari jaringan suatu kota ke kota lain, kemungkinan terjadinya gangguan proses tersebut pasti...
A. Ada
B. Tidak ada
C. Tidak diketahui
D. Tergantung kasus
E. Semua jawaban salah

2. Pada sinyal analog, kualiatas data yang diterima tidak lengkap sehingga menurunkan kualitas...
A. Sinyal
B. Informasi
C. Data
D. B dan C benar
E. Semua jawaban salah

3. Error binary 1 menjadi binary 0 terjadi di sinyal...
A. Analog
B. Digital
C. Analog digital
D. Analog gelombang
E. Digital gelombang

4. Jika erorr binary 1 menjadi binary 0, maka akan mengakibatkan...
A. Pelemahan sinyal
B. Kesalahan sinyal
C. Kesalahan data
D. Kekurangan data
E. Kekurangan sinyal

5. Nama lain dari pelemahan sinyal adalah...
A. Power down
B. Range lowering
C. Sinyal lowering
D. Attenuation
E. Attention

6. Kekuatan sinyal berkurang apabila jaraknya terlalu jauh melalui media...
A. Komunikasi
B. Sinyal
C. Tower
D. Modem
E. Transmisi

7. Kabel adalah media transmisi...
A. Guide
B. Unguide
C. Guide-unguide
D. Unguide-guide
E. Semua jawaban salah 

8. WIFI(gelombang) adalah media transmisi...
A. Guide
B. Unguide
C. Guide-unguide
D. Unguide-guide
E. Semua jawaban salah

9. Pelemahan sinyal biasanya terjadi di sinyal...
A. Digital
B. Analog
C. Digital-analog
D. Analog-digital
E. Semua jawaban salah

10. Delay adalah...
A. Waktu
B. Jam
C. Waktu tunda
D. Waktu terlambat
E. Waktu tunggu

11. Delay disebabkan oleh...
A. Waktu tunda
B. Waktu terlambat
C. Proses transmisi
D. Proses tunda
E. Proses waktu terlambat

12. Delay yang disebabkan oleh waktu yang diperlukan untuk pembetukan paket IP bernama
A. Packetization Delay
B. Delay Propagasi
C. Transmission Delay
D. Queuing Delay
E. Processing Delay

13. Delay yang disebabkan oleh waktu proses yang diperlukan oleh router didalam menangani antrian transmisi paket di sepanjang jaringan adalah...
A. Packetization Delay
B. Delay Propagasi
C. Transmission Delay
D. Queuing Delay
E. Processing Delay

14.  Delay yang disebabkan oleh waktu yang diperlukan sebuah paket data untuk melintasi suatu media adalah...
A. Packetization Delay
B. Delay Propagasi
C. Transmission Delay
D. Queuing Delay
E. Processing Delay

15. Noise adalah...
A. Suara
B. Gelombang suara
C. Gangguan suara
D. Gangguan proses komunikasi
E. A dan B benar

16. Terjadi atas 2 buah noise, yaitu...
A. White dan Black
B. Blue dan Red
C. Yellow dan Green
D. Alpha dan Beta
E. ESA dan ISA

17. Noise yang terjadi akibat alam atau lingkungan disebut ... Noise
A. White
B. Black
C. Blue
D. Red
E. Yellow

18. Noise yang terjadi akibat kesengajaan manusia disebut ... Noise
A. White
B. Black
C. Blue
D. Red
E. Yellow

19. Noise yang terdapat disemua media transmisi adalah...
A. Thermal Noise
B. Radiation Noise
C. Background Noise
D. Normal Noise
E. Netral Noise

20. Noise yang disebabkan karena sinyal-sinyal dengan frekuensi berbeda bersamaan memakai meda transmisi yang sama disebut...
A. Modulation Noise
B. Thermal Noise
C. Radiotion Noise
D. Intermodulasi Noise
E. Frekuensi Noise



sumber:http://rizal-chelma.blogspot.com/2010/10/noise-dalam-sistem-komunikasi-data.html
sumber:https://sites.google.com/a/student.unsika.ac.id/riadhi-sigaluhpakuan/home-1/masalah-masalahdalamkomunikasidata

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian SIP & instalasi server softswitch berbasis SIP

Session Initiation Protocol (SIP) Pengertian SIP SIP (Session Initiation Protocol) adalah suatu signalling protokol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang meliputi suara, video, atau text. SIP tidak menyediakan layanan secara langsung, tetapi menyediakan fondasi yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, misalnya dengan RTP ( Real Time Tr ansport Protocol ) untuk transfer data secara real - time , dengan SDP ( Session Description Protocol ) untuk mendeskripsikan sesi multimedia, dengan MEGACO ( Media Gateway Control Protocol ) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network). Meskipun demikian, fungsi dan operasi dasar SIP tidak tergantung pada protokol tersebut. SIP juga tidak tergantung pada protokol layer transport yang di

cara kerja komunikasi data dalam jaringan

 Cara kerja Komunikasi Data Dalam Jaringan   Komunikasi Data Komunikasi data adalah transmisi atau  pemindahan  data  dan  informasi yang disajikan oleh isyarat digital diantara  komputer  dan  piranti elektronika  yang  lain  dalam  bentuk  digital  yang dikirimkan melalui media komunikasi data dalam berbagai jenis dan bentuk.    Cara Kerja Komunikasi Data Komunikasi data adalah transmisi  atau  pemindahan  data  dan  informasi yang disajikan oleh isyarat digital diantara  komputer  dan  piranti elektronika  yang  lain  dalam  bentuk  digital  yang dikirimkan melalui media komunikasi data dalam berbagai jenis dan bentuk. Komunikasi data tanpa disadari telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat ditandai dengan tingginya ketergantungan masyarakat terhadap perangkat elektronik untuk komunikasi data, voice dan video. Fungsi antara antara data processing (komputer) dan komunikasi data (perangkat transmisi dan pengalihan) semakin kabur, termasuk perbedaan ant

Diagram VOIP dan Gambar Secara Detail & Proses Kerja dalam Komponen Diagram VOIP & Rangkaian komunikasi VOIP

Diagram VOIP Proses kerja VOIP adalah: Suara analog yang didapat dari microphone diubah menjadi paket data digital Paket tersebut diteruskan melalui Hub/Router/ADSL Modem ke jaringan internet Paket tersebut sampai ke tujuan, kemudian dibuah kembali menjadi suara analog Atau jika menggunakan media telepon maka diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan. Sumber: http://dataserverku.blogspot.com/2015/11/pengertian-dan-cara-kerja-voip-diagram.html Soal 1.Perangkat yang terhubung ke internet di diagram VOIP adalah... A. Cable / DSL Modem B. Wireless Router C. VOIP Phone Adapter D. Traditional Phone E. Computer 2. Perangkat yang menghubungkan komputer dan modem adalah... A. Computer B. Traditional Phone C. VOIP Phone Adapter D. Wireless Router E. Cable / DSL Modem 3. Perangkat yang menghubungkan Traditional Phone dengan Wireless Router adalah... A. Cable / DSL Modem B. Wireless Router C. VOIP Phone Adapter